RSS

Sabtu

Cara menghapus Virus MC DOnalds

Anda risih dengan status dinding Di fb anda tiba-tiba tanpa sepengetahuan anda status dingding anda berubah.kemungkinana ada dua sebab yang pertama mungkin FB anda di hacker  yang kedua kemungkinan FB anda terkena virus...nah disini saya akan bahas kemungkinan yang kedua yaitu FB anda terkena virus:
 mungkin bagi anda nama virusnya aneh seperti masakan cepat saji ya...hee..he....!

Virus McDonalds merupakan virus yang sekarang lagi trend di internet khususnya di Facebook. Lalu bagaimana bisa virus ini menjangkiti komputer pengguna facebook? Apakah virus ini mampu mengambil password kita dari facebook. Berikut ini aku kupas menurut informasi yang aku dapat. Sekaligus aku ingin memberikan tips tentang cara menghapus atau pun membersihkan virus tersebut.
Virus McDonalds ini merupakan virus yang biasa menyebar di account facebook berupa suatu undangan atau event. Meski pun ini tergolong virus, namun ternyata virus ini nggak mampu mencuri password kita dari facebook. 

Tapi kendala yang agak serius muncul ketika virus ini ternyata dapat membuat tulisan di dinding kita atau pun status dari facebook kita. Kelihatan sepele namun tentu saja lama kelamaan kita akan merasa risih dengan semua tulisan yang dibuat oleh virus tersebut. Terlebih lagi, jika banyak tulisan kita yang ternyata membuat virus itu menyebar. Maka teman – teman yang nggak tahu menahu soal virus tersebut bisa jadi ikut terjangkit. Yang terjadi adalah banyak link berterbangan di status facebook kita dan teman – teman kita. Parahnya link tersebut bisa dianggap spam atau pun kalau tidak bisa berisi pornografi. Mau status kita berisi tentang hal berbau mistis tersebut. :D

Lalu bagaimana Virus ini menyebar dengan mudah?
Sebelum kasus ini muncul di Facebook, sebelumnya pernah beredar modus yang hampir sama. Saat itu, yang beredar adalah link untuk menonton cuplikan video berjudul “Candid Camera Prank”. Kalau dulu beredar lewat status, kali ini beredar lewat undangan (Event Invitation). Kalau dulu, saat link diklik, program jahat langsung melakukan instalasi aplikasi di akun Facebook secara otomatis tanpa perlu persetujuan pemilik akun sekalipun dan setelah itu melakukan posting pesan berisi link yang sama kepada seluruh kontak dari akun Facebook yang menjadi korbannya.
Modus inilah yang membuat Facebook mengubah aturan main instalasi aplikasi pihak ketiga. Agar program jahat makin susah menyusup, aplikasi pihak ketiga harus meminta izin kepada pengguna Facebook untuk melakukan instalasi. Mereka tetap dapat mengakses informasi apa saja, tetapi harus seizin pengguna Facebook.

Secara teknis sudah dihambat, rupanya pelaku jahat memanfaatkan kelengahan pengguna Facebook yang sulit diatasi hanya lewat pengaturan keamanan saat menyebarkan link video McD. Sebenarnya pengamanan yang dilakukan oleh Facebook sudah cukup baik, di mana setiap instalasi aplikasi pada akun Facebook harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pemilik akun dengan mengeklik “Allow”. Namun, seperti biasa, para pengguna komputer umumnya memiliki prinsip hidup yang positif sekali sehingga kalau disuruh memilih mengeklik “Allow” atau “Not Allow”, banyak yang akan mengeklik “Allow” tanpa melihat lagi apa yang bisa diakses aplikasi tersebut. Hal itulah yang menyebabkan eksploitasi ini dapat sukses menularkan dirinya.

Perlu menjadi catatan dan perhatian bagi para pengguna komputer, eksploitasi ini terjadi pada API Facebook dan bukan pada operational system (OS) komputer Anda. Artinya, terlepas dari apa pun OS yang Anda gunakan (Windows, Linux, Mac atau Free BSD), sejauh Anda menggunakan akun Facebook dan menyetujui (“Allow”), akun Facebook Anda akan terinfeksi oleh eksploitasi ini dan mengirimkan undangan event ke semua kontak Anda.

Jika Anda mengeklik link yang diberikan maka Anda akan dihantarkan pada situs konfirmasi Public Event. Sebenarnya jika Anda hanya melakukan klik pada “I’m Attending”, “Maybe”, atau “No”, akun Anda tidak akan tereksploitasi karena tidak ada aplikasi yang diinstal. Namun, jika Anda mengeklik “Tiny URL” yang diberikan, Anda akan mendapatkan layar konfirmasi bahwa Anda harus login menggunakan HD Video Account.

Jika korbannya “tergiur” atas dua banner yang tampil yang mengatakan “Shocking McTruth”, “You’ll Never Believe This !!!” dan mengeklik [Login] baru akan ditampilkan layar konfirmasi instalasi aplikasi. Sekali Anda mengklik [Allow] maka aplikasi jahat (malware) akan aktif pada akun Anda dan mengirimkan Event Invitation ke semua kontak Anda.

Salah satu kunci keberhasilan eksploitasi malware ini adalah karena pembuatnya menggunakan video menarik untuk mengiming-imingi. Tak usah tertarik mengeklik karena isinya adalah hasil pengetesan kentang McDonald’s yang dibandingkan dengan burger dan kentang goreng lainnya, di mana kesimpulan akhir dari video adalah semua makanan kecuali kentang McDonald’s rusak dan berjamur setelah didiamkan selama beberapa hari atau minggu. Kentang McDonald’s tidak mengalami penjamuran sama sekali dan diduga mengandung bahan yang berbahaya bagi manusia. Selain itu, link yang diberikan juga menggunakan video dengan judul “Super Size Me” yang membahas masalah obesitas di Amerika yang disebabkan oleh konsumsi fast food yang meningkat.

Video yang digunakan ternyata diunggah dengan sengaja di YouTube pada tanggal 22 Oktober 2010 oleh pengguna yang bernama MrGamesFree, sedangkan video asli ini sebenarnya diambil dari www.ebaumsworld.com yang diunggah pada bulan Juni 2007.
Lalu bagaimana caranya untuk menghapus atau pun membersihkan virus tersebut? Berikut merupakan cara menghapus virus McDonalds:

  • Klik [Account] [Privacy Settings] Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”
  • Klik [Edit your settings] dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications, Games and Websites
  • Klik [Remove unwanted or spammy applications] untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use dak klik tanda “X” di sebelah “Edit Settings”
  • Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player

0 comments: